Monday, November 17, 2008

Cara Meningkatkan Traffic ke Website Adsense? SEO

Seringkali saya mendapatkan pertanyaan… “Bagaimana cara meningkatkan traffic ke website adsense saya?”

Kenapa ya? ) Terus terang saja, sampai saat ini saya belum punya account Adsense dan saya juga orang baru di dunia internet marketing (belum sampe 1 tahun).

Kalau anda ingin menghasilkan uang dari Google Adsense atau program PPC (Pay Per Click) memang menjadi sebuah keharusan meningkatkan traffic ke website/blog Adsense anda.Banyak sekali memang cara meningkatkan traffic… biar lebih spesik saya hanya akan membahas cara meningkatkan traffic dengan teknik SEO (Search Engin Optimization). Saya punya sedikit kemampun tentang SEO.

Mulai dari awal… step-by-step:

#step 1: Tentukan niche dan 3 keyword utama!

Saya asumsikan anda punya sebuah blog baru yang tentunya sudah ditentukan niche-nya. Saya ambil contoh blog saya tentang Yuwie-Friendster Social Network walaupun ini bukan blog untuk Adsense, hanya sebagai contoh dari sisi SEO-nya.

Kalau anda sudah punya niche-nya, selanjutnya anda harus menentukan keyword apa yang akan anda bidik, tentukan 3 keyword saja! Di blog Yuwie, saya mentarget “Yuwie” dan “Friendster”. Apa keyword anda? Cari yang 1 kata dulu, kalau banyak saingannya, cari dua kata atau 3 kata (dianjurkan)… misalkan “Fishing”, terlalu umum.. jadikan lebih spesik seperti “Fishing Tackle”

#step 2: Masukkan keyword utama ke Title dan Description!

Title dan description di blog anda akan diperhitungkan oleh search engine (seperti Google), jadi masukkan keyword utama ke Title dan Desription, usahakan keyword paling utama berada di posisi awal.. misalkan saya mentarget keyord Yuwie, maka saya akan tempatkan kata “yuwie” menjadi kata paling depan.. seperti “Yuwie - mirip Friendster tapi dikasih dollar!”

#step 3: Posting dengan rutin content yang relevan dengan keyword!

Jangan pedulikan dulu siapa yang akan mengunjungi blog anda.. yang penting isi content dulu, lakukan secara rutin, targetkan blog anda memiliki puluhan hingga minimal 200 artikel.

Jangan lupa, content-nya harus relevan dengan keyword, usahakan selalu (tidak harus selalu) keyword muncul di setiap artikel anda… kalau saya mentarget kata “yuwie”, saya tidak akan pernah mengganti kata tersebut dengan “di sini” tapi “di Yuwie”

#step 4: Bangun Back-link dengan keyword!

Banyak cara membangun back-link, salah satu yang paling mudah adalah berkomentar dengan baik (bukan spam) di blog lain sambil menanam link (bukan nanam link di isi comment ya) dengan keyword kita.

Biasanya ada 4 isian kalau kita mau comment.. ada Nama, isi dengan nama anda dan kalau bisa sisipkan keyword (misal: Salim Yuwie), sehingga menghasilkan Text Anchor yang relevan dengan keyword! Ada isian email, ada isian website (isi dengan URL kita), dan ada isian comment (isi dengan comment yang baik)

Trus.. klo bisa sih, setelah memposting artikel, cari di Google tentang artikel yang relevan di blog lain, lalu berkomentar dengan baik disana..

#step 5: Social Bookmark dan Blog Directory!

Bersosialisasislah… Daftarkan blog anda di social bookmark seperti Technorati.com, digg.com, reddit.com, faves.com, mister-wong.de, mister-wong.com, ma.gnolia.com, propeller.com, Diigo.com, bibsonomy.org, dll.. (jangan tanya caranya ya, pelajari sendiri)

Daftarkan juga di Blog directory seperti BlogCatalog.com, BlogArama.com, dll…

OK…

Blog Yuwie saya saat ini sudah punya PR 3, no. 3 di Google.co.id dengan keyword “yuwie”, dan nongkrong di halaman 3 Google.co.id dengan keyword “Friendster” (catatan: sewaktu-waktu bisa berubah naik/turun). Catatan juga untuk blog yang made for Adsense biasanya berbahasa Inggris, jadi sebaiknya merujuk ke Google.com

Silahkan coba… dan sebagai catatan lagi dari saya, teknik SEO ini membutuhkan waktu berbulan-bulan, biasanya paling cepat 4 bulan.

Maaf kalau teknik SEO-Adsense-nya agak newbie.. alasan sudah saya sebutkan diatas ya ) masih sama-sama belajar, kalau ada yang salah tolong kasih comment ya..

0 comments:

Angel Save Knight Man in 1995 - Linux, Blogger, Marketing, Business, Internet | Template by - Abdul Munir - 2008