Wednesday, February 4, 2009

Marketing versi Blogger

Berhubung disentil masalah RSS versi marketing di blognya Cosa, aku jadi ingin menulis tentang yang satu ini. Marketing versi Blogger. Marketing versi aslinya diperkenalkan oleh Hermawan Kartajaya, seorang pakar marketing Indonesia (bahkan Asia). Tulisan ini juga terinspirasi oleh perbincangan dengan Herry Pramana, seorang eksekutif muda yang penuh dengan inovasi dan ide-ide kreatif. Dalam perbincangan itu kami sepakat bahwa blogging juga merambah ke dunia marketing. Seorang marketer dapat menggunakan blog sebagai media untuk bersentuhan langsung dengan konsumen sehingga dapat mengetahui respond dan feedback dari konsumen. Tapi postingan kali ini tidak mengulas tentang Blog Marketing (untuk yang satu itu bisa dibaca pada buku dengan judul yang sama).

Kembali ke laptop� topik semula, ini dia Marketing ala Blogger :

Marketing ala Blogger

Blogging 1.0 - Author centric
Ketika awal-awal aku ngeblog di tahun 2001, hampir 99% blogger Indonesia menulis tentang dirinya sendiri. Baik itu mengenai keluarga, kegiatan sehari-hari, hobby, pacar sampai mengenai binatang peliharaannya. Bila dibandingkan dengan Marketing 1.0 (product centric) maka Blogging 1.0 adalah author centric.

Kita melihat marketing 1.0 sebagai product centric marketing. Kita pokoknya punya produk yang bagus atau produknya tak terlalu bagus lalu hafalkan product knowladge-nya kemudian kita jual habis-habisan, termasuk dengan menghalalkan dan menggunakan berbagai cara. Dalam marketing 1.0 ada yang namanya vision (visi). Misalnya untuk orang yang ingin kaya, harus punya visi untuk tiga tahun ke depan misalnya harus miliki uang Rp 3 miliar, entah dengan cara apa didapatkan. Itulah visi. Katanya orang harus punya visi agar berhasil. Ini namanya vision-driven marketing.

Blogging 2.0 - Reader centric
Sejalan dengan perubahan menuju Marketing 2.0 yang customer centric, dunia blogging juga berubah menuju Blogging 2.0 yang reader centric. Tulisan dalam blog tidak lagi melulu tentang dunianya sendiri, namun lebih ke apa yang digemari pembaca atau hal-hal yang sedang ngetrend. Umumnya blog mulai mencari topic bahasannya sendiri dan terfokus pada beberapa topic saja, seperti misalnya mengenai olah raga, internet marketing, SEO atau khusus membahas tentang design saja. Khusus tentang internet marketing, ada satu trend yang perlu dicatat -Blogging for money, yang banyak memberi warna pada dunia blogger.

Era ini lebih maju, bahwa marketing itu harus mengerti customer-nya dan customer harapannya apa. Ini yang saya sebut dengan Marketing 2.0: Mission-Driven Marketing.

Blogging 3.0 - Human centric
Saat ini dunia marketing sedang mentransformasi diri menuju Marketing 3.0 yang human centric. Tidak hanya berfokus pada produk dan customer, namun ada nilai kemanusian yang diemban. Dunia blogging juga sudah ada kecenderungan bergerak ke arah itu. Tidak hanya bercerita tentang dirinya sendiri, berfokus pada misi dan visinya ngeblog, atau hanya semata-mata bertujuan untuk mencari uang di internet (blogging for money -red), namun mulai adanya gerakan-gerakan yang menyuarakan untuk peduli sesama seperti misalnya Adsense Untuk Sesama yang merupakan organisasi, non-profit, yang bertujuan untuk menjembatani para publisher AdSense dalam memberikan sesuatu yang lebih bagi sesama, dan terutama, yang sedang membutuhkan. Atau ada juga bog yang menyuarakan untuk peduli terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) dan menyuarakan untuk tidak mengucilkan mereka.

Marketing 3.0 sebenarnya juga ter-triger oleh ibu Erna Witular (duta PBB untuk program Melinium Goal) yang meminta saya bagaimana marketing bisa meyakinkan perusahaan dan setiap orang bahwa tidak ada bedanya antara aspek kemanusiaan (human) dan bisnis. Karena sebenarnya jika bisnis tak berhubungan dengan kemanusiaan maka bisnis itu tak akan sustainable (berkelanjutan).

Nah, kemana kita akan membawa blog dan kemana blog akan membawa kita (?), itu semua kembali ke diri kita sendiri. Tidak harus ikut arus, yang penting ngeblog tetep enjoy! :D

0 comments:

Angel Save Knight Man in 1995 - Linux, Blogger, Marketing, Business, Internet | Template by - Abdul Munir - 2008