Wednesday, February 4, 2009

Google PageRank dan Cara Meningkatkan PageRank

Setelah selesai menyelesaikan tugas yaitu ngerjain PR 10, sebenarnya siapa sih yang pertama punya ide ini. Saya coba cari-cari juga belum ketemu. Who is First ? You Know ?

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang PR dari google. PR (PageRank) / Google PageRank adalah sebuah Nilai Harga yang menunjukkan seberapa penting suatu halaman web. PageRank bagi google adalah suatu cara untuk menentukan nilai suatu blog. Semakin besar nilai PR kita maka kita akan menjadi seperti anak kesayangan bagi mbah google. Kita akan di urutkan pada urutan yang lebih pada hasil pencarian di google dibanding dengan blog lain yang mempunyai PR lebih kecil.

Google memberikan harga PR pada blog kita didasarkan pada link atau backlink baik yang masuk atau yang keluar dari blog kita. Selain itu juga google memperhatikan nilai SEO suatu blog.

Cara mbah google menghitung nilai PR

Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah :

Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

Salah satu alogtima lain yang dipublikasikan
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

Untuk lebih jelas tentang pagerank Bisa di baca di Wikipedia

Setelah kita (sedikit) tahu tentang PR, lalu bagaimana cara agar mbah google memberikan harga yang cukup besar untuk blog kita.

1. Seperti yang kita ketahui bahwa PR adalah popularitas link blog kita, jadi untuk mendapatkannya kita mencoba membangun sebuah projek backlink (Tukeran link).
2. Pagerank juga menghitung link eksternal maupun internal. Maksud link internal adalah blog kita mempunyai keterkaitan antar posting yang satu dengan yang lain. Contoh Postingan yang mempunyai link eksternal yaitu ke http://www.blogger.com dan link internal ke http://askm95.blogspot.com.
Judul postingan A : Tukeran Link
Isi postingan A :
"Mari bertukar link agar PR (PageRank) kita bisa bertambah dan juga mempererat silaturahim sesama blogger.
4. Membuat link menu di halaman utama yang mengelink ke postingan.
link blog

5. Secara umum memang google pagerank memperhatikan link masuk (inbound link) dan jumlah link keluar (outbound link) tetapi google juga mempunyai suatu batasan terhadap link keluar yang apabila terlalu banyak akan di anggap spam dan blog anda akan dimasukkan ke dalam Sand Box.

6. Yang terpenting adalah suatu Update Content atau isi berita. Jika kita sering mengupdate maka kita akan mendapatkan PR dari google. Sebuah Mitos atau kenyataan ada yang mengatakan sebuah blog menggunakan blogger yang sering diupdate akan mendapatkan PR dari google.

0 comments:

Angel Save Knight Man in 1995 - Linux, Blogger, Marketing, Business, Internet | Template by - Abdul Munir - 2008