Wednesday, February 4, 2009

Cara mudah meningkatkan pagerank

Meningkatkan pagerank blog kita memang mudah, bahkan saya katakan syaratnya sangat mudah, apalagi cuma satu syarat yaitu bersedia CAPEK! YA, syaratnya cuma satu mau capek! Bila anda termasuk orang yang lebih senang menunggu dan bersantai-santai mungkin ini bukan cara yang tepat untuk anda.

Baik, kenapa saya katakan bersedia capek. Karena yang namanya pagerank itu berdasarkan jumlah traffik dan link ke blog kita. 2 faktor inilah yang sangat berperan besar. Tapi menurut saya link memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan traffik.

Meskipun anda punya dana besar untuk mengiklankan blog anda tapi kalau jumlah linknya kecil kenaikan pagerank tetap saja lambat alias mengikuti jumlah pengunjung yang mampir ke blog anda. Berarti yang berperan besar adalah link blog lain blog kita, apalagi link tersebut berasal dari blog berpagerank tinggi seperti pagerank 4 sampai 7 misalnya. Seperti terkatrol gitu loh… (Oya, tentunya update blog tetap wajib dong dengan posting artikel yang bagus dan dibutuhkan orang ini kan menjadi standar baku seorang blogger dan berkaitan erat dengan search engine).

Saya coba kasih analog ya. Anggap saja pada kehidupan yang sebenarnya. Kalau pergaulan anda dengan pejabat-pejabat pemerintah dan bos-bos yang berpengaruh tentunya nama andapun akan ikut terangkat, iya kan? Kalau nama anda ikut nge-TOP tentunya akan semakin banyak orang yang mendatangi anda dan berbisnis dengan anda. Seperti itulah kira-kira analog pagerank sebuah blog.

Nah, cerita di atas saya kaitkan dengan usaha kita untuk punya koneksi (link) dengan blog lain syukur-syukur bisa link dengan blog ber PR tinggi. Kalau belum punya koneksi ya terpaksa deh kita mendatangi mereka (blog-blog) satu persatu. Nah, ini yang saya bilang “CAPEK”.

Bayangkan jumlah blog di internet mencapai 100 jutaan, wah bisa “pengkor” nih jari-jari untuk memberi komentar pada setiap blog (komentar cara yang paling efektif untuk link). Tapi memang ini yang harus dilakukan kalau PR blog kita mau cepat naik. Meskipun sebenarnya blog yang relevan dengan konten blog kita saja sudah cukup sih.

Atau anda menulis artikel dengan menyisipkan link blog yang ber PR tinggi di blog anda. Ini juga cara yang sangat efektif.

Saya cerita begini bukan asal cuap lho. Saya buktikan sendiri dengan blog saya uniquetvcomm Perubahan PR blo tersebut dari PR 1 ke PR 2 rasanya kok cepat sekali ya. Meskipun archieve blog tersebut sudah 5 bulanan tapi 1 sampai 2 bulan awal sempat tidak aktif dan rasanya perubahan dari PR 1 ke PR 2 yang cepat sekali. Saya ga bisa hitung secara persis yang jelas dari archive sudah 5 bulanan dapat PR 2. (Tapi saya yakin blog anda atau blog lain bisa lebih cepat dalam waktu 3 bulan bisa dapat PR 4, saya yakin bisa). Syaratnya ya mau capek membangun koneksi (link).

Sampai disini dulu, bila menurut anda tulisan ini ada yang salah atau belum sesuai dengan pengalaman atau wawasan anda saya tunggu komentarnya ya… Salam…

0 comments:

Angel Save Knight Man in 1995 - Linux, Blogger, Marketing, Business, Internet | Template by - Abdul Munir - 2008