Thursday, December 18, 2008

Tips dan Trik untuk Pengguna Linux Pemula

1. untuk mencoba Linux jangan langsung menggunakan distro yang berat, gunakan dulu distro live cd seperti slax, alixe, nimble-x, puppy, dsl dll.
2. kemudian gunakan live cd yang bisa di instal pada mode grafis seperti wolvix, ubuntu, linuxmint dll.
3. pelajari dahulu konsep pembuatan partisi di linux, klo bisa belajar buat partisi ext3 atau jenis partisi linux lainnya di virtual box atau vmware yang sudah saya sediakan dikoleksi freeware, klo mau langsung bikin di hdd pc, jgn lupa backup dulu data penting kita, daripada menyesal kemudian tiada guna.
4. untuk yang mau dual boot antara linux & winxp, buatlah partisi linux di partisi extended krn bila ditempatkan dipartisi aktif (primary) baik linux atau winxp tidak bisa booting.
5. untuk menginstall linux setidaknya diperlukan 2 partisi yaitu linux swap yang besarnya minimal 2x ram pc kita dan partisi root yang besarnya terserah tergantung kapasitas hdd yang belum terpakai.
6. pembuatan partisi bisa dilakukan dengan tool fdisk atau cdisk, tapi untuk yang alergi sama command line sebaiknya pake gparted.
7. gparted sudah disertakan di distro puppy linux atau wolvix, tampilan grafis gparted hampir sama dengan partition magic (windows).
8. setelah sukses dengan partisi linux, kita instal distro yang “mudah” seperti mandriva, freespire, linux mint, wolvix, zenwalk, zencafe (semua multimedia ready), terus ditingkatkan ke distro2 lain seperti ubuntu, fedora, centOS, openSUSE, slackware (untuk user advance) sampai ketemu yang paling cocok dengan selera kita, klo pengen yang pake bahasa Indonesia pake aja Blank-On distro anak bangsa yang sudah multimedia ready.
9. klo mau nambah-nambah program dilinux tapi masih bingung dengan paket instalasi dan file dependency, silahkan install distro yang sudah menyertakan WINE, misalnya Dewa Linux.
10. Dewa Linux tampilan temanya bisa diubah mirip dengan windows xp atau windows vista, sehingga newbie bisa langsung familier, selain itu sudah menyertakan WINE, jadi kita tinggal mengumpulkan program portable windows misalnya seperti yang banyak disediakan di http://portableapps.com/ atau tinggal googling aja di web
11. program portable yang biasanya kita bawa ke mana2 dalam USB Flasdisk ini 100% berjalan lancar di Linux dengan menggunakan WINE, misalnya 7-zip portable(Compress File), CubicExplorer (seperti windows explorer), DeepBurner portable (burning cd/dvd tool), fast stone image viewer, foxit reader, sumatraPDF, FreeCommander (seperti windows comander), LC ISO Creator, Radio Control (Game), Wesnoth (Game Strategy), PowerDVD Portable, Cool Player (MP3 Player), Photoshop CS3 Portable, Corel Draw X3 Portable and much more…

jadi pake linux itu gak susah kok, malah bikin kita tambah kreatif…
pokoknya banyak-banyak baca (Iqro’) pasti cepet bisa………………
selamat mencoba…………………………………………………

Klik disini untuk melihat sumber artikel.

0 comments:

Angel Save Knight Man in 1995 - Linux, Blogger, Marketing, Business, Internet | Template by - Abdul Munir - 2008