Monday, December 29, 2008

Google Kini Berbahasa Indonesia, AdSense Sebentar Lagi?

Logo Google TranslateGoogle mengumumkan bahwa Google Translate telah menambahkan 11 bahasa baru dan Bahasa Indonesia adalah salah satunya. Layanan translasi otomatis gratis Google kini mendukung 35 bahasa asing dan dapat menerjemahkan dari dan ke bahasa apapun yang didukung. Di sebagian besar skenario, Google menggunakan Inggris sebagai bahasa perantara sehingga saat Anda menerjemahkan konten dalam bahasa Indonesia ke Vietnam, Google terlebih dahulu menerjemahkan konten berbahasa Indonesia ke Inggris dan dari Inggris ke Vietnam. Untuk skenario seperti ini, tentunya akurasi hasil terjemahan lebih rendah karena melalui dua kali proses translasi.

Screenshot Google Translate


Cara Kerja Google Translate


"Sebagian besar sistem penerjemah otomatis berbayar yang paling modern hari ini dikembangkan menggunakan pendekatan rule based yang menggunakan banyak definisi kosa kata dan tata bahasa. Google menggunakan pendekatan yang berbeda: setiap hari kami memasukkan milyaran kata ke dalam sistem, baik konten terpisah dalam berbagai bahasa maupun contoh hasil translasi manusia dari bahasa tersebut, kemudian menggunakan teknik pembelajaran komputer yang menggunakan statistik untuk membuat sistem penerjemah," jelas Google.

Salah satu keuntungan dari pendekatan ini adalah skalabilitas; apabila Google menemukan pasangan teks dalam jumlah yang cukup banyak untuk menciptakan sistem translasi yang cukup baik untuk sebuah bahasa, mereka akan secara langsung ditambahkan ke Google Translate.

Untuk saat ini, hasil dari Google Translate dalam bahasa Indonesia mungkin masih belum sebaik bahasa-bahasa utama dunia lain seperti Perancis dan German, akan tetapi seperti bahasa-bahasa yang sudah didukung sebelumnya, akurasi Google Translate biasanya semakin lama semakin akurat bersama dengan meningkatnya jumlah sampel terjemahan yang dimiliki Google.

Saya juga melihat bahwa Google Translate memberikan akurasi yang jauh lebih baik dalam menerjemahkan konten Indonesia ke Inggris daripada sebaliknya. Contoh translasi Inggris - Indonesia: TechCrunch, ArsTechnica, ReadWriteWeb. Contoh translasi Indonesia - Inggris: udaramaya.

AdSense for Content


Sudah bukan rahasia lagi bahwa sudah banyak para blogger Indonesia yang menunggu datangnya layanan AdSense for Content yang menyajikan iklan-iklan yang sesuai dengan konten halaman. Layanan iklan Google yang sangat efektif bersumber dari kemampuan Google memahami isi dari sebuah halaman sehingga apabila sebuah halaman mendiskusikan teknologi CPU, AdSense juga akan menampilkan iklan-iklan yang berhubungan dengan CPU. Apabila Google tidak mengerti sebuah bahasa, kecil juga kemungkinannya mereka akan mendukung layanan AdSense for Content untuk bahasa itu, karena mereka tidak memahami konten situs.

Sekitar satu tahun lalu, Google sudah meluncurkan layanan AdSense for Search untuk pencarian berbahasa Indonesia, mulai menyajikan iklan untuk pencarian yang cenderung menggunakan frase pendek sehingga mudah dimengerti. Bulan lalu, Google juga menambahkan satu lagi produk ke portfolio layanan berbahasa Indonesia yaitu AdSense for Feeds, menampilkan iklan-iklan kontekstual dalam RSS feed yang biasanya berisi paragraf-paragraf pendek.

Dan kini dengan diluncurkannya Google Translate untuk bahasa Indonesia, Google secara informal mengatakan bahwa "kami sudah cukup memahami bahasa Indonesia" dan saya menduga bahwa Google dalam beberapa bulan ke depan ini juga akan merilis AdSense for Content untuk situs berbahasa Indonesia, berita baik untuk para blogger Indonesia, berita buruk untuk para penyedia layanan iklan Indonesia. (LouCyhper adalah orang pertama yang mengirimkan tips ini ke udaramaya)

0 comments:

Angel Save Knight Man in 1995 - Linux, Blogger, Marketing, Business, Internet | Template by - Abdul Munir - 2008