Tuesday, December 23, 2008

Rilis terbaru Mandriva 2009

Tanggal 10 Oktober kemarin, Mandriva baru saja merilis versi final Mandriva Linux 2009.0. Salah satu distribusi linux yang paling ditunggu-tunggu akhir tahun ini, yang terkenal berkat inovasi dan kemudahaan penggunaanya. Rilis kali ini mengusung KDE 4, khususnya versi 4.1.2 sebagai desktop andalannya (btw bagi yang tidak suka kde 4, tenang, masih disertakan juga KDE 3.5.10). Sementara bagi pecinta GNOME, tetap disediakan versi 2.24. OpenOfficenya sudah menggunakan versi 3.0, serta firefox 3. Kernel menggunakan versi 2.6.27. Mandriva installer dan control centernya yang terkenal itu juga tak lupa turut dipermak abis. Tampilan mandriva Installer (DrakX) menjadi makin simple dan elegan. Untuk Mandriva Control Centernya sendiri kini diperbaharui dengan full berbasis Webkit.

Dukungan hardware kini lebih diperluas ke ranah netbooks. Model netbook semacam Asus Eee PC, Acer Aspire One, MSI Wind dan merek lain telah disupport dengan baik.

Sama seperti rilis sebelumnya, kali ini tetap tersedia 3 varian: Mandriva Free, Mandriva One dan Mandriva Powerpack. Yang disebut terakhir adalah versi komersial dari Mandriva, sementara dua pertama tersedia bebas untuk didownload tanpa biaya.

Selain KDE dan GNOME, Mandriva menyertakan desktop manager LXDE. LXDE adalah lingkungan desktop yang didesain agar dapat berjalan ringan pada mesin yang tidak terlalu powerfull. Bagi mereka yang menggunakan Mandriva pada netbook, disarankan menggunakan desktop LXDE ini. Namun soal penampilan, tidak perlu diragukan, Mandriva terkenal ahlinya merias desktop

Mandriva Installer (DrakX)

OpenOffice.org 3 bawaan Mandriva menjanjikan dukungan terhadap ODF 1.2, mendukung import file dari Microsoft Office 2007, pengeditan secara kolaborasi terhadap berkas spreadsheet, serta kemampuan untuk menampilkan multi halaman pada Writer. OpenOfffice bawaan Mandriva ini sendiri berbasis dari pengembangan Go-OO, versi dari OpenOffice yang telah ditambah beragam fitur dari fitur OpenOffice aslinya sendiri.

Dari segi performa sendiri Mandriva menjanjikan kecepatan booting 2009, 25% lebih cepat ketimbang rilis sebelumnya. Berbagai upaya telah dilakukan oleh tim Mandriva untuk meningkatkan efisiensi booting seperti diterangkan disini. Seperti diketahui hal ini tidak terlepas juga dari fenomena 5 detiknya Arjan Van de Ven yg hot itu

Mandriva Control Center, kini berbasis WebKit

Tambahan fitur baru lainnya termasuk konfigurasi repository yang berjalan otomatis mencarikan mirror terdekat dengan jaringan internet Anda, tambahan fitur pembatasan berdasarkan waktu pada tool pengawas orang tua (parental control tool/drakguard), penyempurnaan pada konfigurasi network, dimana telah mendukung beragam perangkat seluler semacam handphone, termasuk setting 3G otomatis, dan penyempurnaan pada sistem pendeteksi sinyal wireless yg lebih baik. Banyak driver wireless baru juga yang ditambahkan pada versi ini. Untuk tambahan aplikasi baru sendiri kini ditambahkan FBReader yakni program pembaca ebook, dan Google Gadget (kumpulan gadget dari Google).

Bagi yang sangat berniat untuk mendownloadnya silahkan ...

0 comments:

Angel Save Knight Man in 1995 - Linux, Blogger, Marketing, Business, Internet | Template by - Abdul Munir - 2008